Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lindeteves, Surga Komponen Kendaraan Bermotor

Kompas.com - 19/02/2009, 12:07 WIB

Bagi para bikers atau pemilik sepeda motor, sudah pernahkah ke Lindeteves Trade Center (LTC) Glodok? Itu lho, Lindeteves di Glodok Jaya, Jalan Hayam Wuruk, Jakarta Barat. Di atas tanah seluas 2,6 hektar berdiri gedung megah dengan 2.300 gerai yang menjual kebutuhan industri, termasuk komponen roda dua.

Bayangan tentang tempat belanja dengan cucuran keringat segera sirna begitu masuk ke dalam LTC. Soalnya, pusat perbelanjaan itu dilengkapi penyejuk udara alias AC, lantai keramik, dan tersedia fasilitas jajanan (foodcourt) yang luas. Soal harga, "Sama dengan di Glodok Jaya," tegas Ade dari gerai Gemilang yang menyediakan tool kit dan tracker untuk keperluan bengkel motor dan mobil.

Pokoknya, kalau sudah masuk ke LTC, tak mungkin enggak membawa pulang perlengkapan. Di situ tersedia seperti tool kit, malah bikinan dalam negeri, seperti alat pelepas sil shockbreaker Honda Tiger dan Mega Pro, pencabut bearing roker-arm Suzuki, pelepas puli skubek dan filler gauge (pengukur celah) untuk kelep motor. "Saya beli dari mekanik dan diproduksi massal," bilang Ade mengenai alat lokal itu.

Selain produk lokal, juga ada yang impor, seperti merek Swiss Tools yang juga mengeluarkan obeng digital. Ketika mengencangkan baut keluar angka momen dan obeng pintar ini dilego Rp 2 juta per unit. "Beberapa pemilik Harley-Davidson beli. Jika dipajang juga menarik," ungkap Ivan Dharmawan, pemilik PT Surya Sarana Dinamika, distributor ST.

Masih banyak lagi. Bahkan rantai sepeda motor bisa dibeli meteran. Malah sabuk CVT skubek bisa dipesan segala. Malah untuk per (klep atau kopling) bisa dibikin dan konsumen menunggu hanya sekitar tiga jam.

Banyak lagi yang menarik lainnya. Cepat sambangi LTC. * (Niko, KR15, Belo)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com