Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk Kuras Radiator Honda Vario

Kompas.com - 05/02/2009, 16:51 WIB

Honda Vario menggunakan radiator yang berfungsi sebagai pendingin. Sama seperti di mobil, air (coolant) perlu dikuras agar pendingannya bisa maksimal. Untuk melakukannya enggak perlu dibawa ke bengkel, dapat dikerjakan sendiri. "Setelah dikuras, dibilas dulu apakai air keran," jelas Deny Primaulana, Service Advisor PT Wahana Makmur Sejati, main dealer Honda Jakarta-Tangerang.

Kalau punya waktu senggang, ikuti petunjuk di bawah ini, dan pengerjaannya dilakukan saat kondisi mesin dingin sebab, jika masih panas, ketika membuka tutup radiator airnya bisa muncrat dan mengenai tangan, bahkan ke muka.

1. Buka cover radiator dan setelah itu buka baut pembuangan coolant di bagian bawah, juga sekalian intake radiator.

2. Letakan wadah penampung air radiator yang dibuang. Ketika baut pembuangan sudah terbuka dibarengi dengan membuka tutup radiator. Sekali lagi, suhu mesin harus dingin.

3. Setelah terbuang, tutup kembali lubang pembuangan. Kemudian masukan air pakai selang ke mulut radiator sambil mesin dinyalakan. "Ini berfungsi mengangkat kotoran yang tertinggal dalam radiator. Sambil mengalirkan air, hidupkan mesin motor sekitar 5 menit agar air berputar ke seluruh bagian radiator," jelas Dendy.

4. Beres buang airnya, sambung kembali intake radiator dan menutup bawah radiator. barulah isi radiator dengan coolant. "Sebaiknya pakai coolant Honda, jangan air karena bisa mengakibatkan korosi di mesin. Coolant yang direkomendasi pabrikan memiliki zar antikorosi," tambahnya.

5. Setelah diisi, cek volume coolant radiator dengan cara menghidupkan mesin sekitar 5 sampai 10 menit. Jika tidak turun, berarti sudah mengisi ke mesin. Barulah mengisi tabung cadangan (reservoir) melalui lubang yang terdapat di bawah jok.* (Tining)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com