Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

JMS 2008 Hadirkan Moge Konsep dan Skutik Futuristik

Kompas.com - 06/12/2008, 23:50 WIB

JAKARTA, SABTUJakarta Motorcycle Show (JMS)2008  dibuka hari ini oleh Menteri Perindustrian Fahmi Indris dengan tema “Ride Safety-Enjoy Life”, diikuti oleh 5 anggota AISI (Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia) yaitu Honda, Kanzen, Kawasaki, Suzuki dan Yamaha. Tambahan non anggota adalah Bajaj dan Harley Davidson yang menampilkan dua unit motor. Kalau pun ada produsen  lain, misalnya Ducati, ditampilkan atas nama Shell. Pameran diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta dari berlangsung sampai 14 Desember 2008.

Lima anggota utama AISI, menempati hall A. Sedangkan Bajaj di hall B. Kelima anggota AISI selain menghadirkan produk mereka yang dipasarkan di Indonesia, juga menampilkan konsep produk. Sedangkan hanya Bajaj menghadirkan produk yang dipasarkannya di Indonesia, yaitu Pulsar dan XCD125.

Honda
Produsen motor nomor satu Indonesia ini menghuni seperempat hall A tampil dengan mengusung tema “Smart Technology for Future”. Di samping, menghadirkan produk yang sudah dipasarkan di Indonesia, motor konsep, juga kembali menghadirkan robot humaid yang selalu diusung Honda, yaitu ASIMO. Ternyata, ASIMO yang dihadirkan Honda untuk menarik pengunjung ini, sama dengan yang digunakan oleh Honda Mobil pada “Indonesia International Motor Show (IIMS)” Juli lalu di tempat yang sama. ASIMO memang mampu memikat pengunjung untuk memadati “booth” Honda karena robot ini menghadirkan berbagai atraksi. Sedang untuk motor konsep, Honda menghadirkan EV06 dan DN-01, yaitu moge masa depan dengan penampilan futuristik

Kanzen
Inilah anggota AISI asli Indonesia. Tampil sederhana tanpa tema. Meski begitu, produk konsep yang ditawarkan Kanzen juga cukup menarik, misalnya Kanzen hibrid, Kanzen Sansori dan Kanzen MPM (Multi Purpose Motorcycle) dan produk yang sudah dipasarkannya di tanah air, baik bebek, sport maupun jenis trail.

Kawasaki
Dengan tema “Go Green” motor dengan warna khas hijau ini menghadirkan produk yang juga sudah menjadi andalannya, yaitu trail, moge dan sport seperti Ninja. Tidak ada peluncuran atau motor konsep yang diperkenal Kawasaki pada JMS kali ini.

Suzuki
Menghadirkan cukup banyak motor antara lain moge CBU, motor konsep, motorcorss, mini motorcross dan ATV, skutik konsep, produk yang sudah dipasarkannya di Indonesia dan meluncurkan Satria 150 facelift. Untuk konsep, Suzuki menghadirkan Biplane, Crosscage dan skutik SD-01 dan SD-02.

Yamaha
Yamaha, selain memamerkan produk yang sudah dipasarkan, juga menampilkan moge konsep, skutik konsep, motor modifikasi dan meluncurkan salah face andalah, yaitu Vega ZR. Malah untuk ancara peluncuran Vega ZR, Yamaha memanfaatkan ketenaran dua pembalapnya, satu dari Indonesia, Doni Tata, satu lagi dari MotoGP yang tahun ini menjadi “Rockie of the Year”, yaitu Jorge Lorenzo.

Kedua pembalap itu ternyata mampu menjadi magnet. Alhasil, pengunjung rela menunggu berdesak-desakan di “booth” Yamaha untuk melihat langsung wajah kedua pembalap tersebut dan meminta tanda tangan. Lorenzo teman satu tim Rossi di Fiat-Yamaha tersebut, dimanfaatkan Yamaha untuk membuka selubung Vega ZR bersama Wakil Presiden Direktur PT Yamaha Motor Kencana Indonesia, Dyonisius Beti untuk mengawali peluncuran motor tersebut.

Untuk konsep, Yamaha menghadirkan skutik S3, FC-Dii, FC-AQEL . Juga dihadirkan motor yang digunakan oleh kedua pembalap GP mereka dengan nomor 46 dan 48, Rossi dan Lorenzo yang ternyata sangat menarik bagi pengunjung pameran.

Bajaj
Inilah non-anggota AISI yang mengambil lahan cukup luas di hall B. Motor asal India ini menghadirkan andalanya, yaitu Pulsar 200 DTS-i dan XCD 125 DTS-Si.

Hiburan & Antraksi
Selain memamerkan produk-produk yang cukup menarik, peserta pameran, seperti Yamahha, Honda dan Bajaj juga mengadakan kegiatan dan atraksi di parkir Timur. Antara lain safety riding dan test ride.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com