Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Splash di Jual Di Jepang, Semakin Dekat ke Indonesia

Kompas.com - 24/10/2008, 10:00 WIB

TOKYO, JUMAT – Untuk pertama kalinya Suzuki Motor Corporation (SMC) mengimpor mobil yang dibuatnya di negara lain dan dipasarkan di Jepang. Model yang diimpor tersebut dan mulai dipasarkan di negara Sakura itu 21 Oktober lalu adalah Splash. Dua tahun lalu, tepatnya di  Paris Motor Show 2006, mobil ini  pertama kali ditampilkan masih sebagai konsep.

Menurut SMC, Splash saat ini hanya diproduksi di Hongaria oleh Magyar Suzuki. Di Eropa mobil sudah diluncurkan sejak musim semi lalu. Mobil ini merupakan produk pertama Suzuki yang diimpor untuk pasar domestiknya. Cukup menarik, seperti SX4, Splash juga punya saudra kembar di Eropa dengan label berbeda, yaitu Opel Agila yang juga mulai dipasarkan awal tahun ini.

Banyak Perubahan -Melihat penampilannya, cukup banyak perubahan yang dilakukan dibandingkan dengan waktu masih konsep. Terutama gril, bumper depan, lampu depan, belakang dan tentu saja interior. Meski begitu dari samping, garis-garis atap dan pintu, masih tetap menggunakan desain Splash asli dengan perubahan pada bagian tertentu, terutama pada rangka pintu atas kanan dan kiri atap.

Ditambahkan oleh SMC, Splash dibuat berdasarkan platform Swif dengan kemampuan penampilan lebih baik. Sebelum dipasarkan, beberapa bagian utama dari mobil ini dikembangkan lagi antara lain mesin, bodi, sasis dan joknya. Mobil dites secara ekstensif di jalanan Eropa agar dapat menjadi kendaraan kelas dunia dari segi performa, pengendalian dan kenyamanan.

Rancangan eksterior Splash yang dinilai Suzuki bergaya “muda” merupakan hasil pengembangan ekstensif para desainer mereka di Eropa. Dengan dimensi yang tinggi  (1.590 mm), Suzuki mengklaim Splash  yang kompak di luar namun lega di dalamnya, memudahkan pengemudi atau penyumpang keluar masuk interior.

Gaya Kontemprorer -Salah satu fitur yang dijadikan nilai jual oleh Suzuki pada Splash adalah desain interiornya  bergaya kontemporer, kombinasi hitam warna cerah (ada beberapa pilihan warna). Setirnya sama dengan Swift dan SX-4. SMC menargetkan bisa menjual Splash 500 unit per bulan di Jepang.

Harga jual di Jepang 1.239.000 Yen atau kalau bila dikurs sekarang ini sekitar Rp 127 juta. Versi yang dijual di Jepang dilengkapi dengan enam airbag, ABS dan EBD. Untuk transmisi, Suzuki memasang CVT agar memudahkan pemakainya berlalulalang di dalam kota.

Untuk mesin, meski di negara asalnya mobil kompak ini dibuat, Hongaria ada tiga pilihan mesin, yaitu 1,0 liter, 1,2 liter (keduanya bensin)  dan 1,3 liter diesel turb, namun untuk konsumen Jepang, Suzuki menawarkan mesin 1,2 liter bensin. Alasannya, mesin diesel di Jepang kurang begitu populer sedangkan 1,0 liter agak kekecilan atau kurang bertenaga.

Berkenaan dengan dipasarkannya Splash di Jepang, juga beredar  informasi bahwa  partner Suzuki di India, Maruti, berencana memproduksi dan memasarkannya. Diperkirakan Splash akan masuk di segmen antara Zen Estilo (Karimun Estilo) dan Swift. Kalau sudah begini, berarti Splash juga semakin dekat ke konsumen Indonesia. Kenyataannya, memang masih tersedia slot antara Rp 110 – Rp 130 juta.

Dimensi (mm)
 
Mesin
 
Panjang
3.715
Kapasitas
1.242 cc
Lebar
1.680
Tenaga maks.
86PS/5.500 rpm
Tinggi
1.590
Torsi maks.
114 Nm/4.400 rpm
Jarak sumbu roda
2.360
 
 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com