Selasa, 2 September 2014

Otomotif


Toyota Avanza Telah Berubah

Penulis: Zulkifli BJ | Selasa, 14 Oktober 2008 | 19:15 WIB
|
Share:
  • Sumber : - | Author : KOMPAS.COM/ZULKIFLI BJ

    Avanza Tipe S, tampil lebih gagah dan lengkap

  • Sumber : - | Author : Toyota Astra Motor

    Perbandingan Avanzda Tipe S, depan, belakang dan interior

  • Sumber : - | Author : KOMPAS.COM/ZULKIFLI BJ

    Avanza tipe 1,3 E, gril dan bumpernya berbeda dibandingkan dengan tipe G dan S

  • Sumber : - | Author : KOMPAS.COM/ZULKIFLI BJ

    Komponen interior yang mengalami perubahan, pemindah gigi (kanan), kombinasi meter (atas) dan jok (bawah)

JAKARTA, SELASA - Sebagai “best seller” di Indonesia, kehadiran atau perubahan pada Avanza tidak hanya ditunggu oleh pemakainya, juga oleh kompetitor. Karena itu pula, saat pimpinan tertinggi PT Toyota Astra Motor (TAM) memperkenalkan New Avanza, nama baru untuk Avanza, mobil ini langsung diamati dengan cermat.

Johnny Darmawan, presdir TAM mengatakan, Avanza baru mengalami “minor change” atau bahasa marketing-nya “facelift”. Karena itu pula, kalau Avanza baru ini tidak diamati dengan cermat, bagian yang mengalami perubahan susah diketahui. Sekilas sama saja dengan versi sebelumnya.

EKSTERIOR- Perubahan pada Avanza baru disesuaikan dengan variannya. Karena itu pula, pada varian tertentu berubah, lainnya tidak. Untuk versi 1,3 liter, perubahan sama dengan dilakukan pada Daihatsu Xenia, baik eksterior maupun interior. Namun untuk versi 1,5 liter, yang merupakan “the top of the line” Avanza, tampil lebih gagah dan lengkap.

Perubahan yang dilakukan pada eksterior adalah emblem VVT-i yang dipindahkan dari pintu belakang ke atas fender depan. Pada varian S (paling mewah), ditambahkan pula lampu kabut dengan ornamen krom sendangkan varian G sewarna dengan bodi.

Gril bumper tengah ditambahkan pada varian G dan S. Khusus varian S kaca spion luarnya ditambahi dengan lampu sein plus side moulding. Alhasil, penampilannya lebih gagah dan gaya.

Di interior, warna yang dipilih Toyota adalah untuk Avanza Baru ini adalah geige, sebelumnya gading. Juga ada perubahan sedikit desain jok yang kini tampak lebih menarik. Sedangkan setir, kini menggunakan model palang empat (sama dengan Xenia)

Khusus untuk setir, model dan ukurannya dinilai kurang pas. “Kebesaran! Palang tiga lebih oke dan pas buat anak muda,” jelas beberapa rekan wartawan.

Kombinasi meter, ukuran angka dan hurufnya dibuat lebih besar. Alhasil, lebih enak dan mudah dilihat. Perubahan lainnya adalah AC register, kini menjadi abu-abu.

Untuk Avanza transmisi otomatik, tuasnya kini menggunakan tipe “shift gate”. Sebelumnya tipe maju-mundur. Juga ada tambahan konsol box di belakang.

Menurut Johnny Darmawan, bagian yang diubah pada Avanza sesuai dengan survei pasar yang dilakukan (sama dengan penyaataan yang dilansir Daihatsu). Dengan perubahan yang tidak terlalu banyak itu, Toyota menaikkan harga Avanza, dengan rentang Rp 4,4 – 5,4 juta (lihat News: Avanza Berdandan, Harganya Naik).

ABS-Cukup menarik, membandingkan harga Avanza 1,5 liter dengan 1,3 liter. Untuk versi sama-sama transmisi manual, perbedaan harganya mencappai Rp 11.900.000. Meski begitu, keunggulan versi 1,5 liter bukan hanya pada tenaga dan torsi mesin yang lebih besar, juga dilengkapi dengan ABS. Di samping itu, materi lapisan jok lebih baik. Bahkan, roda dan ukuran ban yang digunakan lebih besar. Penampilannya juga lebih oke. Karena itu, bila punya dana lebih, Avanza 1,5 liter merupakan alternatif yang sangat patut dipertimbangkan!

Daftar Perubahan  Avanza Baru vs Lama
 
Eksterior
Tipe
Baru
Lama
1.
Warna
E,G, S
Silver MM (Semua tipe)
Champagne MM (1,3E dan 1,3G)
Hitam MC (Semua tipe)
Hijau Muda M (1,3E dan 1,3G)
Aqua M (Semua tipe)
Abu-abu gelap ((Semua tipe, Baru)
Merah Wine (1,3E dan 1,3G, Baru)
 
 
 
 
 
 
 
2.
Emblem VVT-i
E, G, S
Pindah di atas fender depan
Pintu belakang
3.
Roof panel
E, G, S
Roof lining

 Atap rata

4.
Ornamen lampu kabut
S
Keliling luar dilapisi krom
-
 
 
G
Sewarna bodi
-
5.
Gril bemper tengah
G, S
Menutup bemper gril atas - bawah
-
6.
Ornamen krom pintu belakang
G, S
Ada
-
7.
Kaca spion dengan lampu sein
 S
Baru
Sederhana
9.
Side moulding
S
Ada
-
 
Interior
 
 
 
1.
Warna interior
E, G, S
Greige
Gading
2.
Jok
E, G, S
Baru
Lama
3.
Setir
E, G, S
Palang 4
Palang 3
4.
Meter kombinasi
E, G, S
Huruf dan angka lebih besar
Lama
5.
AC Register
E, G, S
Abu-abu hitam
Coklat gelap
6.
Panel instrumen
S
Abu-abu asap
Silver
7.
Pemindah gigi
S, A/T
Tipe “gate”
Maju-mundur
8.
Konsol box belakang
E
Ada
-
 

 


Editor :