Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gilera Nexus Andalan Pabrikan Motor Italila

Kompas.com - 10/10/2008, 17:24 WIB

Piaggio merupakan pabrikan skuter paling populer di dunia. Namun, tak ada yang tahu perancang awalnya, tak lain Guiseppe Gilera yang menjual hasil desain skuternya seharga 2 juta Franch kepada pabrikan motor Italia itu. Dunia pun dilanda deman skuter.

 

Salah satu andalan Gilera saat ini Nexus 300 dan Nexus 500. Untuk yang pertama, performanya sudah dijajal pembalap Gilera, Simoncelli yang memenangkan lomba kelas 250 ccc di Phillip Island, Australia. Sementara yang 500 dicoba tester dari Motor Plus.

 

Si kribo Simoncelli membejek motor ini dengan gaya balapnya. Tak Cuma badan yang rebah kala di tikungan. Skuter berkelir merah ini dibikin burn out.. Tenaganya, mulai dari putaran bawah sampai atas terus terisi.

 

Dibanding ‘adiknya’ yang 250 cc, Nexus 300 punya torsi lebih sip, yakni 23 Nm pada kitiran 6.000 rpm. Sedang torsi sang adik 20,2 Nm di kitiran 6.500 rpm. Ini jelas akselerasi Nexus 300 lebih smooth dan bertenaga.

 

Soal sasis, motor ini mengaplikasi kakaknya, Gilera Nexus 500. Mengurangi getaran dan geometri ideal, mesin dirancang bersinergi dengan rangka double cradle trellis. Termasuk sokbreker belakang yang dirancang memiliki titik penyetelan disesuaikan dengan rider. Pasangannya di depan sokbreker teleskopik 35 mm yang menyajikan stabilitas di tikungan.

Masih soal nyaman, pijakan kaki dirancang  3 posisi sesuai postur pengendaRA. Boncenger juga dimanja. Selain jok nyaman dan berlualitas prima, tempat helm di bawah jok dirancang untuk dua helm sekaligus, full face dan half face.

Bagaimana dengan Nexus 500? Sang kakak ini diuji di Jakarta oleh Motor Plus. Mesin 4 katup SOHC satu silinder berkapasitas 460 cc. Pengabut bahan bakarnya sudah injeksi dengan kopling sistem kering.

Riding position dirancang mirip supersport yang agak bertumpu ke depan. Berat total yang 199 kg dibagi dengan 48% untuik depan dan 52% belakang. Saat dinaiki dengan ergonomi bertumpu ke depan tadi, motor jadi sangat nyaman dan seimbang. Apalagi suspensi belakang bisa disetel naik-turun disesuaikan idealnya pengendara.

Untuk keperluan ini, pabriukan Gilera memakai paduan sokbreker depan telskopik 41 mm berdampingan dengan sok progressive power drive yang bisa disetel dalam 7 titik rendah dan tinggi. Harga motor ini Rp 198 (OTR). (Isf@n)

 

Spesifikasi Teknik 300

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com