Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Tiga Roda Bermesin Dua Dari Peugeot

Kompas.com - 06/10/2008, 18:23 WIB

PARIS, SENIN - Pada ajang pameran Paris Motor Show yang sudah dibuka untuk umum, mulai Sabtu (4/10) lalu, PSA Peugeot Citroen yang mengambil lokasi di bagian tengah menjadi pusat perhatian. Perusahaan mobil Prancis itu memejang empat kendaraan konsep yang peruntukkannya berbeda.

Ada mobil reli dunia Citroen C4 dengan gerak roda all-wheel-drive berteknologi hybrid, kemudian sedan mewah juga hybrid yang mereka namakan Hymotion4 dan RC. Satu lagi yang cukup mengundang perhatian, sepedamotor dengan tiga roda (dua di depan).

Perusahaan motor Italia, Piaggio sudah lebih dulu memproduksinya, kemudian diikuti oleh Gilera Fouco juga dari negeri Pizza Hut. Dan kedua-duanya mengusung mesin berkapasitas 500 cc.

Keistimewaan dari sepedamotor bikinan Peugeot yang dinamai Hymotion3 compressor yang sistemnya sama seperti dengan hybrid. Bentuknya sendiri gabungan scooter dengan mobil. Jadi ada atap yang menutupi pengendara dan penumpangnya.

Untuk tenaga penggeraknya, ada dua. Pertama, mengandalkan motor listrik 3 kW yang ditempatkan di antara dua roda. Satunya lagi, mesin bensin supercharged bertenaga 20 hp (15 kW) dengan konsumsi 2liter/100 km dan emisi CO2 hanya 47 g/km.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com