Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Disiagakan, Posko Kesehatan di Jalur Mudik

Kompas.com - 15/09/2008, 13:28 WIB

JAKARTA, SENIN - Posko kesehatan disiagakan di sepanjang jalur mudik sejak tujuh hari sebelum (H-7) hingga tujuh hari setelah (H+7) Hari Raya Idul Fitri 1429 Hijriah untuk memberikan pelayanan kesehatan yang dibutuhkan pemudik.
     
"Menkes sudah menginstruksikan ke unit-unit di Depkes. Dirjen juga sudah mengeluarkan surat edaran ke Dinas Kesehatan di daerah untuk menyiagakan pos kesehatan di seluruh wilayah," ungkap Kepala Pusat Komunikasi Publik Departemen Kesehatan Lily S Sulistyowati di Jakarta, Senin (15/9).

Ia mengatakan posko pelayanan kesehatan dengan tenaga medis dan paramedis akan dibangun di sepanjang jalur Pantai Utara dan Pantai Selatan serta di pusat pemberangkatan dan kedatangan pemudik seperti bandara, pelabuhan, stasiun dan terminal.

Posko kesehatan yang jumlahnya diperkirakan ratusan unit itu, kata dia, tidak hanya disediakan oleh Departemen Kesehatan dan Dinas Kesehatan daerah saja namun juga oleh lembaga atau perusahaan.

Sarana kesehatan lain seperti Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dan rumah sakit, menurut dia, juga sudah diminta menyiagakan unit pelayanan gawat daruratnya untuk mengantisipasi hal-hal yang mungkin terjadi selama arus mudik dan balik Lebaran tahun ini.
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com