Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas, Jangan Tertipu! Mobil Apa Ini?

Kompas.com - 28/08/2008, 08:14 WIB

AWAS, jangan tertipu! Dilihat dari gril, bumper, dan lampu depannya, Anda pasti dengan penuh keyakinan menyebut mobil ini dari Amerika, Opel Blazer. Sebenarnya, sasis mobil ini adalah Toyota Kijang pikap keluaran 2001 milik Bayu. Dan Amin Kurnia, pentolan Indonesia Kijang Club yang juga modifikator bengkel Spectrum Body Works, punya sensasi baru memodifikasi Kijang yang menghabiskan waktu sembilan bulan itu.

Ide kreasinya ingin menciptakan "Local Truckin Lowrider", pikap bergaya Amerika, tapi dengan bahan lokal. Untuk mewujudkan itu, mau tak mau bodi dibikin lebih panjang sekitar 1,2 meter dari panjang sasis standar Kijang. Lalu, bagian atap dipotong (chop top) dan ditambah pelat sekitar 4 cm agar sudut pilar A tidak berubah.

Dengan penambahan itu, Amin memanfaatkan peluang melebarkan pintu dengan memundurkan pilar B 45 cm. Tujuannya, menyediakan  ruang kabin di belakang jok yang menjadi ciri khas pikap Amerika.

Pemanjangan sasis menjadi lucu dan kurang menarik kalau keempat roda standar hanya diganti yang lebih lebar. Dan seperti kebanyakan pikap di Amerika yang menggunakan empat roda pada bagian belakang, konsep ini juga diterapkan pada Kijang. Otomatis, dua roda tambahan itu dihubungkan dengan gardan tambahan yang disambungkan dengan lengan ayun buatan sendiri.

"Model independen mirip Suzuki Vitara," kata Amin. Bahannya menggunakan pipa 4 milimeter yang dilas pada sasis di belakang roda belakang. Agar tidak bergeser kiri dan kanannya, lengan ayun diberi besi as dari kiri dan kanan. Keenam roda memakai velg Honda Odyssey standar yang di-custon reserve offset sehingga offset-nya jadi nol.

Menariknya, model buka tutup kedua pintu model zaman dulu dibuka dari pilar A. Khusus untuk pintu penumpang (kiri) buka-tutupnya memakai sistem pneumatic (berdasarkan tekanan udara). Konsep ini juga diterapkan pada kap mesin dan pergeseran bak bagasi yang di dalamnya sarat dengan perangkat audio. Sementara itu, buka tutup pintu pengemudi memakai gerakan motorize lewat motor parabola. Begitu juga dengan tutup bagasi. Hebat! (Rendy) 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com