Kamis, 23 Oktober 2014

Otomotif


Inilah Wajah Baru Kijang Innova!

Penulis: Zulkifli BJ | Selasa, 26 Agustus 2008 | 18:20 WIB
|
Share:
  • Sumber : - | Author : TAM

    Innova-V Terbaru, paling keren dan mewah di antara varian lainnya

  • Sumber : - | Author : KOMPAS.COM/ZULKIFLI BJ

    Innova-E Terbaru, bumper depan tidak dilengkapi dengan lampu kabut

  • Sumber : - | Author : TAM

    Interior Innova-E, standar

  • Sumber : - | Author : TAM

    Interior dan dashboard Innova-V, lebih mewah dan eksklusif

Kijang Innova "dress up" telah muncul. Melihat penampilannya, tak terlalu banyak bagian yang mengalami perubahan. Pada eksterior, setelah diperhatikan dengan cermat, yang mengalami perubahan untuk seluruh tipe Innova adalah bumper depan, gril radiator, lampu dan bumper belakang. Perubahan lainnya, sesuai dengan tipe atau varian.

Untuk interior, sesuai dengan detail dikeluarkan PT Toyota Astra Motor (TAM), hanya konsol transmisi dibuat lebih tinggi dan jok dengan motif baru. Pergantian komponen interior lainnya, disesuaikan dengan tipe. Yang paling banyak banyak mengalami perubahan adalah tipe V, yaitu kontrol panel AC, audio, tombol setir plus tambahan wood panel pada bagian tengah dashboard dan sandaran tangan pada seluruh pintu samping.

Perubahan
Perubahan bentuk bemper depan dan gril radiator sebenarnya tidak mencolok. Gril misalnya, masih tetap menggunakan garis-garis harisontal. Sedangkan untuk bemper, ukurannya sedikit lebih besar dan juga ada perubahan. Di belakang, meski bentuk lampun tidak berubah, namun lampu mundur kini dibuat menyatu. Versi lama, lampu mundur ini terdiri dari dua bagian. Pada bumper, pada bagian bawah dibuat coakan dan ditambahi dengan lampu di kanan dan kiri.

Tipe E
Versi standar dengan harga paling rendah dibandingkan Innova lainnya. Bumper depan tidak dilengkapi lampu kabut, grilnya sewarna dengan bodi, spion hitam, handel pintu hiitam. Interior dua warna dengan setir tiga jari-jari. Ban yang digunakan: 195/70R-14.

Tipe G
Varian menengah dengan penampilan hampir mirip dengan tipe V. Grilnya dilapisi krom plus bumper depan yang dilengkapi dengan lampu kabut. Kaca spion dan handel pintu sewarna dengan bodi. Desain interiornya sama dengan tipe E. Tipe ini dilengkapi dengan captain seat, audio 2 DIN yang dapat memainkan MP3 dan WMA, parking sensor dan pelek alooy khusus.

Tipe V
Versi paling keren dan lengkap. Gril, kaca spion, dan handel dilapisi dengan krom. Interiornya juga lebih mewah. Paling menonjol tentu saja jok dan setir. Pada tipe G, setir dilengkapi dengan tombol audio. Juga ada wood panel melapisi bagian tengah dashboard dan sandaran tangan pada keempat pintu sampping. Perlengkapan standar lainnya adalah dual airbag, audio 2 DIN yang dapat memainkan MP3 dan WMA, CD changer dengan kapasitas 6 keping CD. Perbedaan lain tipe V dibandingkan dua varian lain adalah tombol AC yang menggunakan model pencet.
Selain perlengkapan di atas, Innova tipe V juga dilengkapi dengan ABS (anti-lock brake system). Untuk ban, menggunaan ukuran 205/65R-15 , sama dengan tipe G.

Mesin
Tidak ada perubahan pada mesin. Jenis  yang ditawarkan dua, yaitu bensin 2.000 cc dan diesel 2.500 cc , turbo direct injection sistem pasokan bahan bakar "common rail". Kedua mesin ditawarkan untuk seluruh varian, baik tipe E, G maupun V. Juga ada dua pilihan transmisi juga disediakn dua untuk seluruh varian, manual dan otomatik.

Khusus untuk diesel, meski menggunakan common rail, menurut Achmad Rizal, Marcom Manager PT TAM, bisa saja menggunakan solar biasa. “Syaratnya, filter solar harus lebih sering dibersihkan atau diganti," jelasnya, berkenaan makin menciut atau susahnya mendapatkan Pertadex.


Editor :