Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2010 Penjualan Mobil di Indonesia 1 juta unit

Kompas.com - 19/08/2008, 22:40 WIB

JAKARTA, SELASA - Jhonny Darmawan, Presdir PT Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan, penjualan mobil di Indonesia bisa mencapai 1.000.000 unit per tahun pada 2010. Perkiraan itu diungkapkannya di depan wartawan setelah Toyota menerima penghargaan CSI dari J.D. Power Asia-Pacific di Hotel Mulia, Jakarta (19/8). Ditambahkannya, saat ini penjualan mobil tetap terus naik.

Inden juga tidak pernah turun. Karena itu, ia memperkirakan penjualan akan mendekati 600.000 unit tahun ini. Sedangkan tahun depan, meski ada pemilihan umum, diperkirakan penjualan mobil berkisar antara 700.000 -800.000 unit. Bila angka itu tercapai, berarti Indonesia akan menjadi negara dengan penjualan tertinggi di Asean. Saat ini penjualan mobil tertinggi di Asean adalah Thailand yang mencapai 600.000 unit per tahun.

Sementara itu, Teddy Irawan, Deputy Senior Sales & Marketing PT Nissan Motor Indonesia, ketika diminta komentarnya tentang perkiraan Jhonny mengatakan, angka 1 juta unit pada 2010 bisa saja dicapai kalau laju permintaan seperti sekarang. Meski begitu, ia mengatakan pasar Indonesia susah diprediksi. “Penjualan bisa saja turun tanpa diduga,” komentarnya. Namun diakuinya, khusus untuk tahun ini, penjualan mobil yang naik cukup mencolok dibandingan tahun lalu - meski harga bahan bakar naik - adalah fenomena yang susah dipahami. “Biasanya, kalau harga bahan bakar naik, penjualan turun,” ujar Teddy.

Teddy memprediksi penjualan mobil tahun depan akan naik justru karena adanya pemilu. “Belanja buat kampanye cukup besar. Berbagai perusahaan mendapatkan banyak pesanan, seperti kaos dan cetakan. Kalau pendapatan masyarakat bertambah, daya beli juga meningkat,” jelasnya. Ditambahkannya, salah satu faktor yang sangat diyakininya menyebabkan semakin tingginya permintaan karena bunga bank yang rendah atau hanya satu digit.

Karena itu pula, Teddy tidak terlalu yakin faktor yang menyebabkan naiknya permintaan adalah hasil pertumbuhan perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan dan pertanian, terutama di luar. Namun ia mengaku, pertumbuhan permintaan mobil tahun ini, merata angtara daerah di dan luar Jawa. Selama ini, pertumbuhan permintaan selalu didominasi oleh konsumen mobil di Pulau Jawa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com