Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Michelin dan Bridgestone Siapkan Ban Khusus di Sirkuit Brno

Kompas.com - 14/08/2008, 07:49 WIB

BRNO, KAMIS — Pada balapan MotoGP di Sirkuit Brno, Ceko, Minggu (17/8), ini tak cuma terulangnya persaingan seru antara Valentino Rossi (Fiat-Yamaha) dan Casey Stoner (Marlboro-Ducati) yang dinanti-nanti para penggemar balap motor paling bergengsi ini. Mereka berharap Michelin—melalui pembalap andalan Dani Pedrosa, sementara rekan setimnya, Nicky Hayden, absen karena cedera kaki—bisa mengimbangi keperkasaan The Doctor (julukan Rossi) dan Caso (panggilan Stoner).

Memang, setelah menyelesaikan 11 rangkaian balapan, Michelin dengan ujung tombak pembalap tim Repsol-Honda kesulitan mengimbangi Yamaha dengan kehebatan Rossi dan Stoner yang ditopang kedahsyatan tenaga Desmosedici R8 dari Ducati. Kedua pembalap itu membagi jumlah kemenangan yang sama (masing-masing 4 kali memenangi balapan), sementara Pedrosa baru mencatat dua kali.

Tampaknya Michelin sendiri tak berani sesumbar yakin bisa finish pertama. Namun, untuk menaklukkan Sirkuit Brno, perusahaan ban asal Perancis itu akan membawa ban seperti yang mereka pakai di Qatar dan Catalunya. "Kami akan kembali menggunakan konstruksi tipe ban seperti di Qatar dan Catalunya. Di dua trek itu rentang kerja Michelin lebih lama ketimbang di Laguna Seca," ujar Jean-Philippe Weber, Michelin Chief of Motorcycle Racing. Jadi, untuk roda depan dan roda belakang yang dipakai Pedrosa, termasuk juga Colin Edward (rekan setim Rossi), komponnya sudah disesuikan dengan permukaan lintasan Brno.

Tahun ini, permukaan lintasan sirkuit telah diperbaiki, begitu juga dengan desain trek yang sedikit mengalami perubahan. Kedua produsen ban, Michelin dan Bridgestone, diberi kesempatan untuk mencoba lintasan baru.

Michelin berterima kasih kepada International Racing Team Association (IRTA) karena telah memberi izin untuk menjajal trek. "Kami sudah mencobanya pertengahan Juni lalu meski bukan bersama pembalapnya. Pada sesi tes itu kami membawa tester Erwan Nigon (Honda RC212) dan Williams Costes (Yamaha YZR-M1)," kata Webber. Dengan permukaan trek yang baru, roda depan bakal bekerja keras.

Kesempatan jajal trek yang diberikan IRTA juga tak disia-siakan Bridgestone. Perubahan trek dipandang bukan masalah besar bagi perusahaan ban asal Jepang itu. Pasalnya, tahun ini mereka membuat ban dengan kompon yang beragam. "Termasuk spec untuk Sirkuit Brno sudah kami persiapakan," kata Tohru Ubakata dari Bridgestone.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com