Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daihatsu Indonesia Raih PROPER 2008 dari KLH

Kompas.com - 04/08/2008, 11:04 WIB

JAKARTA, SENIN - PT Astra Dihatsu Motor (ADM), produsen mobil nomor satu saat ini di Indonesia, meraih  PROPER (Program Penilaian Peringkat Kerja Perusahaan) 2008 dari Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) Republik Indonesia, Kamis (31/7) lalu. Suatu penghargaan tertinggi dari KLH kepada perusahaan yang dinilai berhasil memenuhi “tingkat hijau” dalam mengelola limbah dan lingkungannya.

Daihatsu terpilih menerima PROPER 2008 di antara 46 perusahaan lainnya dari berbagai bidang.  Untuk tahun ini, KLH telah mendominasikan 516 perusahaan untuk menerima PROPER. Tanda penghargaan berupa piala Lingkungan Hidup, diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup, Rachmat Witular. Untuk Daihatsu diterima oleh Direktur Keuangannya, Corison  Sidhaputera.

Sebagai produsen mobil nomor satu, Daihatsu saat ini mempunyai dua lokasi pabrik. Pertama, berlokasi di Sunter Jakarta Utara yang memiliki luas 12 hektar dan satu lagi di Cikampek, Jawa Barat. Pabrik di Sunter ini khusus untuk merakit dan “stamping” bodi yang menghasilkan  mobil untuk Daihatsu dan Toyota.

Produk-produk yang dihasilkan dari pabrik itu tak cumna untuk memenuhi tuntutan pasar domestik,  tapi juga ada yang diekspor. Semisal Gran Max dengan nama Lite Ace dan Lice Town ke Jepang. Produk lainnya, seperti Xenia, Avanza, Terior dan Rush. Sedangkan yang di Cikampek khusus untuk merakit mesin dan casting atau cor komponen mesin.

“Beruntung, perusahaan induk kita, PT Asta International Tbk, sudah memproklamirkan dirinya sebagai “Green Company”. Begitu juga dengan Daihatsu Motor di Jepang. Hasilnya, seluruh karyawan Daihatsu, terutama di pabrik, dapat menjalankan program lingkungan sehat dan hijau dengan baik. Ya, inilah buktinya, penghargaan dari lembaga pemerintah,” komentar Corison Sidhaputera (Zulkifli BJ).

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com