Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prabowo Masih Malu-malu

Kompas.com - 14/07/2008, 13:31 WIB

JAKARTA, SENIN - Partai Gerindra telah secara resmi mencalonkan Prabowo Subianto sebagai calon presiden yang akan diusung dalam Pemilihan Presiden 2009 mendatang. Akan tetapi, yang dicalonkan malah tak menyatakan kesediaannya secara terang-terangan.

Dalam jumpa pers yang digelar hari ini, Prabowo tak secara gamblang mengakui pencalonan dirinya. "Dari awal tokoh-tokoh Gerindra mendesak saya untuk bergabung dan mengatakan ingin mengusung saya sebagai capres," kata mantan Danjen Kopassus itu.

Ia menegaskan, tak mau ge-er. "Saya akan melihat dulu dinamika perkembangan politiknya seperti apa. Kalau dukungan politik dan ada respons riil dari rakyat, saya akan maju. Kalau tidak, ya jangan ge-er dulu. Kalau dukungan tidak signifikan, ya kita berjuang untuk status lain. Bila rakyat menghendaki, setiap warga negara harus mau dan menerima amanah itu. Kalau hanya 1 persen, masak mau mencalonkan diri," jawabnya.

Status lain apa yang dimaksud tak diungkapkan Prabowo. Untuk melihat peta dukungan terhadap dirinya, Prabowo menyerahkannya pada hasil polling yang banyak dilakukan belakangan ini. "Asal bukan polling pesanan," ujarnya.

Menjadi presiden, menurutnya bukan sebatas keinginan individu. Namun, lebih menjawab kebutuhan bangsa. Bagaimana dengan citra negatif yang melekat kepadanya, terutama dengan wacana yang berkembang bahwa Prabowo berada dibalik kerusuhan 1998? "Kita sedang menghadapi kondisi bangsa yang sedang sulit. Saya hanya ingin menjawab kebutuhan bangsa dan berbuat lebih baik. Silakan rakyat yang menilai. Saya ingin melihat ke depan, hati nurani saya bersih. Saya berdiri di atas keyakinan saya," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com