Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gerindra Resmi Usung Prabowo Jadi Capres

Kompas.com - 14/07/2008, 12:20 WIB

JAKARTA, SENIN - Peta persaingan Pilpres 2009 tampaknya mulai memanas. Beberapa figur mulai muncul dan menyatakan siap maju memimpin Indonesia. Pertarungan Pilpres 2009 juga akan semakin meriah dengan bergulatnya beberapa mantan pejabat dari kalangan militer.

Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) resmi mengusung mantan Danjen Kopassus Prabowo Subianto untuk digadang ke pertarungan merebut kursi RI 1 pada Pemilu 2009 mendatang. Prabowo sendiri hari ini mengumumkan pengunduran dirinya dari Partai Golkar kepada publik.

Penegasan tersebut diutarakan Ketua Umum Gerindra Suhardi, Senin (14/7). Sebelumnya, Prabowo belum secara tegas menyatakan kesediaannya dicalonkan sebagai capres. "Sudah, kami sudah resmi mencalonkan beliau (Prabowo) untuk menjadi calon presiden dari Gerindra. Diterima atau tidak, terserah beliau. Katanya, masih melihat kekuatan dan sebagainya," kata Suhardi seusai jumpa pers Prabowo Subianto di Jakarta, Senin (14/7).

Saat ditanya, apakah Gerindra tidak khawatir mengusung calon berlatar belakang militer, mengingat tingkat kepercayaan publik terhadap tokoh-tokoh berlatar belakang militer rendah. Suhardi mengatakan, pihaknya tak khawatir soal itu. "Tidak ada kekhawatiran. Setiap orang yang mengenal Prabowo pasti tahu bahwa beliau mempunyai jiwa kepemimpinan yang baik," katanya.

Mengenai siapa figur yang akan disiapkan untuk mendampingi Prabowo, Gerindra masih belum menentukan sikap. "Ada memang yang sudah melakukan approach (pendekatan), tapi belum confirm," jawab Suhardi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com