Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inovasi dan Teknologi Anyar dari All New Jazz

Kompas.com - 30/06/2008, 16:23 WIB

 

JAKARTA, SENIN - Sebagai market leader di kelas sedan hatchback 1.500 cc dengan produk andalannya Honda Jazz, PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku agen tunggal merek Honda, tidak sulit mempertahankan prestasinya itu. Bahkan dengan produk terbarunya, All New Honda Jazz yang dilaunching Jumat (27/6) lalu, justru tampak tak menemui kesulitan untuk melejit di depan untuk kuartal kedua sampai keempat tahun ini. Sebab dua kompetitor kuatnya, tidak punya produk andalan untuk melibasnya.

Seperti PT Toyota Astra Motor (TAM) sudah melakukan spec down untuk menyalip Jazz (versi lama) juga tak kuat. Kecuali kalau TAM memasukkan Auris yang desain eksteriornya lebih manis. Hal serupa dengan menurunkan spec juga sudah dilakukan PT Indomobil Niaga International (IMNI) terhadap Swift CKD. Bahkan fitur-fitur dan perangkat teknologinya - seperti rem - pada keempat sedan itur sudah menganut sistem cakram. Kemudian ada satu lagi, Chevrolet Aveo bermesin 1.500 cc, namun GM Astra World Indonesia (GMAWI) sudah menargetkan di bawah 500 unit sebualnnya.

Beda dengan Honda, Jonfis Fandy, Marketing and Aftersales Service Director PT HPM memantek angka 20 ribu unit sampai akhir Desember 2008. Berarti setiap bulannya berkisar rata-rata 3.000 unit dan tampaknya tidak terlalui sulit sekalipun ada ganjalan dengan kenaikan BBM. Kenapa dibilang tidak sulit, karena penampilan Jazz baru dengan berbagai inovasi sangat mendukung.

Mari kita teliti dari sisi eksteriornya. Bonnet yang landai diadopsi dari F1, memberi banyak keuntungan pada daerah sekitarnya. Hambatan angin (CD) lebih bagus dari model sebelumnya. Desain kaca depan yang luas mengoptimalkan visibilitas pengemudi. Ditambah  rancangnan kaca kecil di pilar A yang besar, tak cuma mempercantik tampilan samping, juga  membantu pengemudi bisa mendeteksi jarak di sebelah kanan.

Penampilan sisi samping, guratan garis-garis yang dinamis mengesankan All New Jazz  itu sporty dan menyiratkan sedan yang cepat. Bentuk kaca kecil belakang (di pilar C) yang lebih besar dari model sebelumnya, tampak menyatu dengan kaca kecil yang di pilar A.

Apa benar All New Honda Jazz ini sedan yang mampu melesat cepat? Kalau dikatakan iya, mungkin Anda tidak percaya, tapi bisa dicermati lewat data-data ini. Dari balik bonnet tersimpan mesin 1.497 cc dengan kolaborasi teknologi i-DSI dan VTEC (i-VTEC) plus drive by wire. Tak cuma itu, pada dapur pacu bertenaga 120 PS itu terdapat  Torque Boost Resonator (TBR). Merupakan teknologi Honda yang bertugas meningkatkan torsi pada putaran bawah dan tenaga pada putaran atas.

Untuk sistem transmisi, bila generasi sebelumnya dilengkapi teknologi CVT, kini hanya 5-speed otomatis. Kendati begitu, tercatat yang pertama di kelasnya. Pada transmisi matis itu dilengkapi Shift Hold Control (SHC) yang punya kelebihan mengeliminir perpindahan  trasmisi berlebihan saat membelok. Sehingga ketika di tikungan didapat kenyamanan berkendara dan efisiensi bahan bakar. Namun bila SHC ini tidak difungssikan, akan terjadi perpindahan transmisi berlebihan membuat akselerasi dan kecepatan tidak maksimal.

Trus, jika pada model lama ada pemindahaan gigi ala F1 (steermatic), kini diganti dengan sepasang paddle di balik kemudi. Sayang, fitur ini hanya terdapat di varian lebih mewah RS. Tak apa, kenyamanan mengemudi tetap diraih pada varian standar. Seperti pada interior terdapat Multi Information LCD Display. Peranti ini menampilkan informasi bbm hingga jarak tempuh.

Masih di msoal BBM. Terutama penempatan tangki bahan bakar, yang sebelumnya ditempatkan di bawah bangku penumpang belakang, kini dimajukan persis di bawah bangku penumpang depan. Tepatnya di tengah sasis sehingga menghasilkan stabilitas yang masksimal saat berkendara, manuver di tikungan serta membuat kabin menjadi lapang.

Terobosan lain pada Jazz baru ini, fleksibilitas ULTRA Seat sebagai revolusioner di kelas sedan hatchback. Inovatif ini memudahkan mengatur kapaasitas kabin. Tak hanya bisa dilipat datar, namun bisa dibikin menjadi rata. Jadi, sebuah kenyamanan dalam perjalanan dapat disatukan pada sedan kompak ini. SBT

Data Spesifikasi
Mesin 
                                            All New Jazz               All New Jazz RS
                                                          MT/AT                       MT/AT
Tipe                                    :   1.5L SOHC, 4 silinder segaris i-VTEC+DBW+TBR
Sistem suplai bbm                :   - - - - - - - - - -    PGM-FI    - - - - - - - - - - -
Diameter x langkah (mm)     :   - - - - - - - -- -     73 x 89, 4  - - - - - - - - - -
Isi silinder                            :   - - - - - - - - - -    1.497  - - -- - - - - - - - - - -
Perbandingan kompresi        :  - - - - - - - - -       10,4 : 1 - - - - - - - - -
Daya maks. KW (ps)/rpm    :   - - - - - - -  - - 88 (120)/6.600 - - - - - - - -
momen puntir maks.             :   - - - - - - -      14,8 (145)/4.800 - - - - - - -

Dimensi
PxLxT (MM)                      :   3.900x1.695x1.525 - - - -  3.920x1.695x1.525
Jarak Sumbu Roda             :   - - - - - - - -  - - - - 2.500 - -- - - - - - - - - - -
Jarak pijak Dpn/blk            :   - -1.490/1.475 - - - - - - - - - 1.475/1.460 - -
Radius putar                       :   -- - --- -4,7 - -- - --        - - - - 4,9 - - - -
Kapasitas Tangki                :   - - - - - - - - - -- - - - 42  - - - - - - - - - - - - - -                       

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com