Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Roewe 550, Pesaing Corolla dan Civic dari China

Kompas.com - 23/06/2008, 08:48 WIB

SIAPA yang tak kenal dengan Toyota Corolla atau Honda Civic? Dua brand tersebut telah menjadi ikon sedan kompak di pasar Internasional. Nah, untuk menjajal kejayaan kedua sedan itu, sebuah perusahaan otomotif China, SAIC Motor Corp baru-baru ini meluncurkan satu sedan kompak bernama Roewe 550.  

Roewe 550 yang merupakan pengembangan 'asli' dari SAIC memang disasarkan untuk 'melawan' pesaing-pesaing dari luar China pada kelas yang paling kompetitif tersebut. Pembangunan mobil ini merupakan kombinasi dari riset dan pengembangan yang dilakukan SAIC di dalam dan luar negeri.

Perusahaan otomotif terbesar di China tersebut pun mengungkapkan, Roewe 550 adalah pengembangan dari sebuah platform baru yang seluruhnya dilakukan sendiri oleh SAIC, dengan biaya mencapai 145 juta dollar AS. "Diperkenalkannya Roewe 550 sekaligus menjadi tonggak sejarah bagi kami dalam mengumandangkan merek SAIC di pasar otomotif dunia. JUga menandai telah meningkatnya kapabilitas riset dan pengembangan independen kami," kata Hu Maoyuan, Chairman of Shanghai Automobile Industry Corp, yang merupakan perusahaan induk SAIC Motor.

Selain Honda Civic dan Toyota Corolla, Roewe 550 yang mengusung mesin berkapasitas 1800 cc bermesin turbo ini pun disasarkan bersaing dengan Ford Focus, dan Volkswagen Sagitar. Dengan lima varian, Roewe 550 akan dijual pada kisaran harga 20.750-27.500 dollar AS.

Tak berhenti sampai di situ, berdasarkan berita terakhir, SAIC telah melakukan pembicaraan dengan perusahaan Jerman, Karmann mengenai kemungkinan untuk melakukan proses perakitan di Eropa.

SAIC yang selama ini menjadi mitra dari General Motors dan Volkswagen menciptakan merek Roewe pada tahun 2006 silam. Hal tersebut menjadi bagian dari upaya Pemerintah setempat dalam membangkitkan produksi otomotif dalam negeri. Di samping itu, diharapkan merek ini pun dapat mengangkat reputasi China dalam pergaulan global. Tak main-main, diproyeksikan 30 jenis kendaraan yang dikembangkan sendiri oleh SAIC akan diluncurkan sebelum tahun 2010.  (INSIDELINE)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com