Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilihan Pas, Diesel atau Bensin

Kompas.com - 03/06/2008, 14:43 WIB


JAKARTA, SELASA - Di saat  harga bahan bakar makin mahal, produsen kendaraan berlomba menggoda konsumen dengan menyatakan produk merekalah yang paling pas dipakai saat ini.  Untuk kendaraan yang menggunakan mesin bensin, produsen menawarkan mobil kecil atau city car.

Produsen kendaraan bermesin diesel, juga tak mau kalah. Mereka mengklaim, kendaraan merekalah yang paling ekonomis . Alasannya,  selain harga solar lebih murah dari  premium, kerja mesin diesel lebih efisien.

Nah, bagi Anda yang sudah bersiap-siap hendak membeli mobil, mana yang akan dipilih dari kedua jenis mesin tersebut?
 
Prioritas
Sebelum memutuskan untuk membeli, tentukan prioritas keinginan dan kebutuhan Anda. Pasalnya, setiap mesin punya kelebihan dan kekurangannya. Anda tidak akan bisa memperoleh kombinasi terbaik dari kedua mesin pada satu kendaraan.

Kalau hanya untuk operasional usaha atau kerja dan tak begitu mementingkan kenyamanan, gengsi dan penampilan, pilihan paling pas adalah kendaraan bermesin diesel. Keuntungan yang diperoleh biaya operasional lebih murah

Tetapi kalau ingin kenyamanan, gaya, gengsi  dan suka melaju dengan cepat, pilihannya adalah kendaraan bermesin bensin. Kompensasinya, biaya  operasional atau beli bensin, lebih besar dari diesel.

Pilihan terhadap kendaraan bermesin diesel di Indonesia sangat terbatas. Untuk kendaraan kecil seperti city car, belum ada produsen di tanah air yang berani memasarkannya. Padahal di Eropa, mesin diesel mutakhir, selain irit,  performanya hampir mendekati mesin bensin.

Hal itu disebabkan, harga mesin diesel mutakhir ini mahal. Di samping itu, bahan bakar yang digunakan juga butuh yang berkualitas tinggi, yaitu Pertadex yang harganya juga mahal, sama dengan Pertamax Plus atau Bensin Super.

Saat ini, untuk kendaraan penumpang, mesin diesel yang digunakan kapasitas terkecilnya  2.500 cc. Teknologinya pun relatif sudah ketinggalan.  Berikutnya nilai plus dan minus masing-masing mesin terhadap kompetitornya. Kalau sudah begini, tidak menentukan prioritas! ZUL

                             Bensin    Diesel
Harga                       +            -
Konsumsi bbm          -            +
Kenyamanan            +             -
Akslerasi                  +            -
Perawatan                -             +
Harga suku
cadang                     +            -
Keamanan                -            +
Daya tahan               -            +
Harga bekas            +            -
"Image"                    +            -

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com