Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut Olimpiade, Renault Siapkan Mobil Listrik

Kompas.com - 24/04/2008, 12:38 WIB

OLIMPIADE Beijing 2008 belum berlangsung, namun sebuah persiapan menyambut Olimpiade 2012 di London, Inggris ternyata sudah mulai terasa. Salah satunya  dilakukan Renault. Saat ini pabrikan asal Perancis tersebut tengah melaksanakan pembangunan mobil listrik yang diharapkan dapat memperoleh "pasar" saat pelaksanaan olimpiade 2012.

Jika rencana ini mulus berjalan, maka produk mobil listrik tersebut menjadi varian pertama yang diproduksi Renault sejak mereka memperkenalkan sebuah konsep mobil listrik, Zoom di tahun 1992 silam.

"Seandainya semuanya berjalan sesuai rencana, kami ingin meluncurkan mobil ini bersamaan dengan olimpiade di London," kata Direktur Produksi Renault Patrick Pelata kepada AutoExpress. "Saat ini kami sedang mengoptimalkan seluruh sumberdaya yang kami miliki untuk mencapai target itu, dan mobil tersebut dapat mulai dijual sejak peluncuran tersebut," sambungnya.

Pelata juga mengindikasikan, ukuran mobil listrik tersebut tak akan jauh berbeda dengan Twingo. Yang menarik, Nissan --yang juga dimiliki oleh Renault-- sudah mengeluarkan pengumuman lebih dulu akan meluncurkan mobil listrik juga di tahun 2012, dengan menggunakan konsep Nissan Cube. Mendapati bahwa teknologi listrik untuk kendaraan masih menjadi hal mahal terutama dalam masalah baterai, maka tak heran jika kedua perusahaan itu akan meluncurkan produk mereka dengan basis yang sama.

Tentang Baterai, Renault menjadikannya sebagai perhatian utama. Mereka mempersiapkan sejumlah strategi dalam hal pemilihan dan pemasaran sumber energi tersebut. Salah satunya adalah dengan memberikan opsi menyewa kepada pemilik mobil. Selain itu, juga akan ditawarkan dua jenis baterai yakni baterai kecil untuk pemakaian harian, serta baterai  besar untuk perjalanan jauh di akhir pekan, misalnya. (LEFTLANE/GLO)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com