Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2009, Mobil Listrik Norwegia Dobrak Pasar AS

Kompas.com - 22/04/2008, 23:09 WIB

HARGA minyak dunia yang kian tak terkendali dan terus melambung menyeret para pelaku pasar otomotif untuk berfikir keras mengenai pentingnya energi alternatif. Th!nk Global bisa jadi menjadi sebuah perusahaan yang melihat peluang itu. Produsen mobil listrik asal Norwegia ini, Senin (21/4) menyatakan akan memasuki pasar Amerika Serikat pada tahun 2009 mendatang.

Chief Executive Officer (CEO) Th!nk Global Jan Olaf Willums mengeluarkan pengumumannya itu di Los Angeles, bersamaan dengan pameran city car terbaru dari Th!nk. Tidak disebutkan rekanan mana yang nantinya akan menjadi penyalur komponen baterai untuk pasar AS, bagi mobil yang dilengkapi dengan AC, power steering, sun roof serta electric windows and mirrors itu. Tapi kemungkinan, A123 System dan EnerDel akan menjadi penyedia baterai untuk kendaraan-kendaraan tersebut, sebab selama ini mereka pulalah pemasok baterai untuk Th!nk.

Selain itu, pihak Th!nk pun belum mengumumkan secara resmi berapa besar biaya produksi untuk pasar AS. Disebutkan, mobil yang mampu melaju hingga jarak 106 mil dengan kecepatan maksimum 62 mil per jam ini, akan diperdagangkan pada kisaran harga 15.000 hingga 17.000  dollar AS. Selain itu, konsumen harus mengeluarkan biaya bulanan tambahan sebesar 100-200 dollar AS untuk biaya leasing batarai dan perlindungan asuransi. (LEFTLANE/GLO)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com