Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Bangun Pabrik Baru di China

Kompas.com - 02/02/2008, 19:59 WIB

TOKYO, SABTU -Produsen otomotif terkemuka di Jepang, Toyota mulai melirik China sebagai tempat pembangunan pabrik baru. Bagi Toyota hal ini menjadi strategi menyiapkan mobil-mobil unggulan untuk dipasarkan di China, yang merupakan pasar otomotif terbesar kedua di dunia, dengan konsumsi 8,6 juta unit di tahun 2007.

Seperti diberitakan Harian Nikkei edisi Sabtu (2/2), Toyota Motor Corp tengah melakukan riset untuk pembangunan pabrik di Changchun, provinsi Jilin.

Produktivitas pabrik ini diestimasikan mencapai 100 ribu unit per tahun. Akselerasi produksi dilakukan Toyota untuk mencapai target merebut 10 persen pasar otomotif dunia.

Untuk rencana ini, Toyota menanamkan modal sebesar 50 miliar  yen atau mencapai  469 juta dollar AS. Diperkirakan pabrik ini sudah dapat beroperasi pada tahun 2010.

Pembangunan pabrik di China sesungguhnya bukan merupakan yang pertama kali. Saat ini Toyota telah mempunyai fasilitas asembling kecil di Changchun.

Namun pabrik yang akan dibangun kali ini akan menjadi pabrik terlengkap Toyota di China.
Disebutkan, varian Corolla menjadi kandidat varian yang akan diproduksi di pabrik ini, bekerja sama dengan produsen otomotif lokal FAW Group Corp. Tahun lalu, Toyota telah membuka pabrik Corolla di Tianjin. Pabrik baru di Guangzhou akan mulai beroperasi tahun depan.

Dengan ekspansi terakhirnya itu, Toyota menarget produktivitas hingga 1 juta unit per tahun, dan menjadikan China sebagai tempat produksi terbesar ketiga setelah Jepang dan Amerika Serikat. (AFP/GLO)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com